13/09/10

Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi


Manusia sebagai makhluk sosial, harus selalu melakukan interaksi dengan sesamanya. Interaksi antar manusia dilakukan dengan komunikasi. Melalui komunikasi manusia melakukan pertukaran informasi. Seiringa dengan perkembangan jaman penemuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Manusia semakin mudah melakukan pertukaran informasi.
1.      Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari tiga kata yaitu teknologi, informasi dan komunikasi. Teknologi adalah segala hal yang dapat membatu dan mempermudah pekerjaan manusia. Informasi adalah  data yang telah diproses sehingga menjadi berguna atau bermanfaat. Sedangkan komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antar dua orang atau lebih dengan acara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemrosesan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi.


2.     Macam-macam Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Berdasarkan waktu perkembangannya, peralatan teknologi informasi dan komunikasi dibedakan menjadi dua yaitu media komunikasi tradisional (kuno) dan modern. Media komunikasi tradisional masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan media komunikasi modern yang saat ini banyak bermunculan. Berikut ini penjelasan dari macam-macam media komunikasi baik yang tradisional maupun yang modern.
a.     Media komunikasi tradisional
Media komunikasi tradisional antara lain sebagai asap, kentongan, prasasti, dan daun lontar.
b.     Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern antara lain koran, surat, radio, TV, PDA, Laptop, komputer, radio, LCD, telepon, HP, faksimile, dan internet.
3.     Contoh-contoh Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
a.     Media komunikasi tradisional



























Daun Lontar








b.     Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern


















4.     Fungsi Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Fungsi Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Tradisional antara lain sebagai berikut.
1.       Asap: untuk mengirimkan informasi kepada lawan maupun kawan pada jaman dulu.
2.     Kentongan: mengumpulkan masyarakat, sebagai penanda solat, bunyinya disesuaikan dengan kejadian yang sedang dan akan terjadi.
3.     Prasasti: Komunikasi surat menyurat secara sederhana sudah ada sejak zaman Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Mataram dan Sriwijaya. Kegiatan surat menyurat masih terbatas hanya antar kerajaan saja. Media yang digunakan untuk menulis surat tersebut, antara lain kulit kayu, kulit bambu, daun lontar, tulang binatang, labu hutan, dan lempengan batu atau lebih dikenal dengan prasasti.Prasasti adalah piagam tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya dan merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkap suatu pristiwa.
4.     Daun lontar: Daun lontar adalah daun dari pohon siwalan yang dikeringkan. Daun lontar dikenal juga sebagai daun pohon Nira. Daun lontar di pakai untuk menulis naskah juga sebagai alat komunikasi dan informasi zaman dulu.

Fungsi Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern antara lain sebagai berikut.
1.         Koran
Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.
2.       Surat
Surat merupakan sarana komunikasi yang menggunakan jasa pos.
3.       Radio
Radio adalah suatu alat elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk suara melalui gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat melalui udara. Acara yang disajikan pun semakin beragam, seperti berita, musik, drama, dan hiburan lainnya.
4.        Televisi
Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. Televisi berarti dapat melihat sesuatu dari jarak jauh. Sama halnya dengan radio, televisi juga menggunaan gelombang elektromagnetik, hanya saja yang membedakannya adalah jika radio hanya dapat mendengar suara, sedangkan televisi selain suara juga memperlihatkan gambar. Hingga sekarang telah muncul berbagai jenis dan bentuk televisi seperti televisi layar datar LCD (Liquid Crystal Display), televisi layar lebar dengan sistem home theater HDTV (High Definition Television), televisi DLP (Digital Light Processing) dan Televisi Plasma.
5.       PDA (personal digital assistan)
PDA adalah peralatan elektronik berbasis komputer berbentuk kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Awalnya PDA hanya digunakan untuk mengatur jadwal pribadi, namun semakin lama semakin berkembang. Saat ini PDA dapat berfungsi sebagai kalkulator, petunjuk waktu, akses internet, radio, televisi, dan bahkan ada pula yang berfungsi sebagai telepon seluler.
6.       Laptop atau Notebook
Laptop merupakan komputer yang portabel (dapat dibawa-bawa) dan berukuran relatif kecil dan ringan. Fungsi laptop sama dengan komputer desktop pada umumnya dan lebih sedikit menggunakan energi. Peralatan input (keyboard dan touchpad), proses dan output (monitor, speaker) pada laptop tergabung jadi satu.
7.        Komputer
Istilah komputer diambil dari bahasa latin computere yang berarti menghitung. Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengelola input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program, dan mengolah data serta bekerja secara otomatis.
8.       LCD Proyektor
LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor adalah alat penyampai informasi dengan cara menampilkan informasi tersebut dalam sebuah presentasi di layar yang besar sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih menyenangkan bagi penerimanya.
9.       Telepon
Telepon berasal dari kata tele yang berarti jauh  dan phone yang berarti suara. Telepon adalah alat komunikasi dua arah yang dapat mengirimkan dan menerima suara melalui sinyal listrik. Cara kerjanya mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon dan sebaliknya mengubah energi listrik dari kabel jaringan telepon menjadi suara.
10.      Telepon seluler
Telepon seluler atau telepon genggam (handphone) merupakan pengembangan dari teknologi telepon. Alat ini dapat dibawa keman-mana dan tidak perlu disambungkan dengan kabel. Telepon seluler selain berfungsi untuk melakukan dengan menerima panggilan telepon, juga berfungsi untuk menerima dan mengirim pesan singkat (shot message seervice/SMS). Handphone sat ini terus berkembang menjadi alat komunikasi yang multifungsi. Selain untuk melakukan dan menerima panggilan atau SMS, Hp sudah dilengkapi dengan fitur seperti radio, televisi, pemutaran audio mp3, kamera digital, video, layanan internet, serta 3G (layanan videophone).
11.        Faksimile
Faksimile adalah alat yang dapat mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama seperti aslinya, sehingga si penerima informasi dari mesin faksimile akan mendapatkan fotokopi dokumen asli. Ini berarti, baik pengirim maupun penerima pesan harus mempunyai mesin faksimili karena cara kerja mesin faksimili adalah pengirim akan memasukkan dokumen ke bagian dokumen feeder pada mesin faks, kemudian menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. Apabila koneksi atau hubungan dari nomor pengirim ke mesin faks telah terjadi, mesin faks akan memindai (scan) setiap halaman yang ingin dikirim dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian dikirimkan melalui kabel telepon ke mesin faks penerima.
12.      Internet
Internet adalah kependekan dari Interconnected Network atau jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Penggunaan internet telah masuk pada hampir semua aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi, pendidikan, hiburan, bahkan keagamaan. Kita dapat mengetahui beritaberita teraktual hanya dengan mengklik situs-situs berita di internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar