05/10/10

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

a. Pengertian Sistem Komputer Komputer
Komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak)dan Brainware (perangkat manusia/user). Hubungan antara ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan, untuk dapat mencapai fungsi komputer sebagai produk berteknologi canggih dalam menangani berbagai macam pekerjaan.
1) Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan.
2) Software atau perangkat lunak adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang dimengerti oleh komputer. Perangkat komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Dengan adanya software ini kita dapat meminta pada komputer untuk : mengetik suart/dokumen, menghitung, menggambar, megeluarkan suara dan lain sebagainya.
3) Brainware yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan komputer (User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikan (user) nya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.

b. Macam-macam Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras yang terdapat dalam sistem operasi komputer dapat dibedakan menjadi tiga yaitu:
1) perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input (input device)
2) perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses (process device)
3) perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output (output device)
4) perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penyimpanan



c. Perangkat Keras yang Berfungsi sebagai Alat Input
Peralatan Input atau peralatan masukan yaitu pealatan yang berfungsi untuk memasukan data atau program dan mengirimkan data atau program tersebut dalam bentuk data digital yang akan diproses oleh komputer. Beberapa peralatan input yang umum digunakan antara lain: keyboard, mouse, flopydisk drive, scanner, CD ROM/DVD ROM.
1) Keyboard
Keyboard merupakan perangkat yang memiliki tombol mirip dengan mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Keyboard digunakan untuk memasukan data atau untuk memberikan perintah pada komputer. Jenis-jenis keyboard yaitu: Serial, PS/2 dan USB.
2) Mouse
Mouse merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk menggerakan pointer di layar untuk menjalankan icon perintah atau program yang tampil pada layar monitor. Jenis mouse antara lain yaitu: Serial, PS/2 dan USB. Berdasarkan tipenya mose dapat dibedakan menjadi tiga yaitu: mouse mekanik, mouse optik, dan mouse wireless.
Istilah dalam mouse:
a. Klik mouse: Menekan tombol kiri mouse sebanyak 1 kali
b. Double Klik : Menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali dengan cepat
c. Drag and Drop: Menekan tombol kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya sampai batas yang diinginkan lalu melepas tombolnya kembali
d. Klik Kanan: Menekan tombol kanan mouse sebanyak 1 kali
e. Scroll lock : Menggulung layar ke atas atau ke bawah
3) Flopydisk drive
Merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data flopy disk (Disket). Alat ini juga dapat berfungsi untuk menulis atau merekam data ke dalam disket.
4) Scanner
Peralatan masukan ini berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer.
5) CD ROM/DVD ROM
Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk) atau DVD.
6) Joystick
Joystick digunakan untuk keperluan game/permainan.
7) Microfon
Merupakan alat input yang digunakan untuk memasukkan suara
8) Cam recorder
Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete, Recorder (VCR), TV, dan Komputer.
9) Web cam
Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita.
10) Camera digital
Merupakan alat input yang digunakan untuk memasukkan data berupa gambar.
11) Touch Screen
Touch screen disebut juga dengan layar sentuh. Saat ini banyak dijumpai pada beberapa peralatan seperti handphone, ATM, personal digital assistance dan lainnya.

d. Perangkat Keras yang Berfungsi sebagai Alat Proses
Alat Proses adalah CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output. Beberapa peralatan yang ada dalam CPU antara lain adalah: mainboard, prosesor, RAM, ROM, VGA, modem, Sound card, Power supply, NIC, Firewire card.
1) Motherboard
Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer, ini dikarenakan sebagai tempat bergantungnya semua komponen dalam komputer. Komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti microprocessor, chipset, memori, basic input-output system (bios), expansion slots (untuk hard disk, cdrom, video vard, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang terkoneksi di dalamnya.
2) Processor
Alat ini merupakan alat yang paling penting. Letaknya di dalam casing dan menempel di atas motherboard. Otak komputer ini akan memproses data yang dimasukkan sesuai dengan instruksi yang diminta, kemudian akan menampilkannya ke dalam alat output. Processor sering disebut juga dengan Central Processing Unit (CPU). Alat inilah yang akan menjalankan perintah. Keberadaan processor ini menentukan tingkat kecepatan sebuah komputer dalam mengolah data.
3) RAM
Random Access Memory sering disebut juga dengan RAM. Alat ini terletak di atas motherboard. RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memori internal (Internal Memory) bisa disebut juga memori utama (main memory) dan memori primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat data atau program. Fungsi utama memori utama atau RAM yaitu:
a. menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untukdiproses.
b. menyimpan data dari pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
c. menampung program atau instruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.
4) ROM
Read Only Memory sering disebut juga dengan ROM. Alat ini digunakan untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM memiliki sifat permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik dimatikan. Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware yaitu piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras.
5) VGA
Video Graphics Adaptor sering disebut juga dengan VGA. Yaitu bagian dari perangkat keras yang berfungsi mengolah tampilan atau output pada layar monitor.
6) Modem
Modulator demodulator sering disebut dengan modem. Yaitu bagian dari hardware yang memproses sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya memproses data digital menjadi sinyal analog. Modem digunakan untuk melakukan koneksi internet. Dilihat dari penempatannya, ada dua jenis modem yaitu modem internal dan modem eksternal.
7) Sound card
Sound card yaitu komponen pada komputer yang berfungsi sebagai pengolah suara. Data suara diproses oleh kartu suara ini kemudian outputnya dapat didengar melalui speaker. Secara umum sound card sudah ada pada motherboard.
8) Power supply
Power supply yaitu komponen dalam cpu yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke setiap perangkat cpu. Perangkat yang dihubungkan langsung oleh power supply contohnya adalah hard disk, floppy drive, cd/DVD ROM, dan motherboard itu sendiri.
9) NIC
Ethernet card sering disebut dengan Network Interface Card atau NIC. Dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan kartu jaringan. Ethernet card yaitu alat yang memproses sinyal jaringan komputer.
10) Firewire card
Firewire merupakan sebuah kartu transfer data yang memiliki kecepatan tinggi. Alat ini pertama dikembangkan oleh perusahaan bernama Apple. Firewire sangat cocok digunakan untuk proses data besar dan berkecepatan tinggi seperti pada transfer video.

e. Perangkat Keras yang Berfungsi sebagai Alat Output
Perangkat keluaran atau output adalah alat yang berfungsi menampilkan hasil pemrosesan data oleh komputer. Output atau keluaran dapat berupa tampilan di layar monitor atau cetakan melalui printout. Peralatan komputer yang termasuk ke dalam alat output adalah monitor, printer, speaker.
1) Monitor
Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor. Monitor adalah alat output atau keluaran yang berfungsi menampilkan hasil proses komputasi. Instruksi-instruksi yang kita masukkan ke komputer, akan ditampilkan pada layar monitor. Tampilan pada monitor diukur oleh satuan pixel, semakin tinggi pixelnya maka resolusi monitor juga tinggi, maka gambar yang ditampilkan semakin tajam dan jelas. Begitu pula sebaliknya semakin rendah pixelnya maka resolusinya akan rendah, dan gambar akan terlihat kurang jelas. Monitor dikelompokan berdasarkan teknologinya yaitu: Monitor CRT (Cathode Ray Tuble), Monitor Flat Panel Display monitor ini menggunakan teknologi LCD, dan Monitor LCD (Liquid Crystal Display).
2) Printer
Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas. Beberapa Jenis Printer antara lain adalah:
a. Printer Dot Matrik yaitu: Terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk membentuk pola titik-titik kecil yang bergabung untuk mencetak grafis atau teks.
b. Printer Ink jet yaitu : Mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
c. Printer Laser yaitu: Menggunkan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.
3) Ploter
Plotter pada prinsipnya sama dengan printer. Hanya saja secara ukuran plotter memiliki lebar yang jauh lebih panjang daripada printer. Plotter biasanya digunakan untuk mencetak gambar, grafik, atau disain teknik yang berukuran besar.
4) Proyektor
Proyektor adalah alat yang befungsi memproyeksikan atau memancarkan data atau slide yang bersumber dari komputer. Yang tidak kalah penting dalam pemakaian LCD Projector adalah screen projector. Screen projector adalah layar yang digunakan sebagai tempat dipancarkannya sinar LCD Projector.
5) Speaker
Yaitu peralatan output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.

f. Perangkat Keras yang Berfungsi sebagai Alat Penyimpanan
Media penyimpanan adalah tempat menyimpan hasil input. Alat-alat yang tergolong ke dalam alat penyimpanan antara lain: hardisk, CD/DVD, disket, flashdisk.
1) Hardisk
Hardisk adalah media penyimpanan yang terletak pada CPU.
2) CD/DVD
Adalah media penyimpanan yang dapat dibaca melalui media yang disebut CD ROM/DVD ROM. Kapasitas CD adalah 700 mb, sedangkan DVD memiliki kapasitas 8 GB.
3) Disket
Disket fungsinya sama dengan hard disk, hanya kapasitasnya menyimpan data sangat kecil, selain itu disket juga mempunyai akses data yang lambat, disket juga rentan terhadap kerusakan.
4) Flash disk
Fungsi utama flash disk sebagai media penyimpanan data. Alat ini berukuran kecil dan sangat mudah dipindah-pindah. Untuk mengakses flashdisk ini cukup dengan menancapkan pada port usb dan secara otomatis sistem operasi akan langsung mendeteksi.

3 komentar: